Rabu, 25 Maret 2015

DIKLAT JURNALISME WARGA UTK POLDA SUMSEL


Wira Bhakti, Divisi Humas Polri bekerjasama dengan PPWI yang didukung penuh oleh PT. Matahari Kahuripan Indonesia melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan jurnalisme warga bagi anggota Polri Polda Sumatera Selatan dan jajaran serta staf Makin Group.

Kegiatan ini dibuka langsung Kadiv Humas Polri Irjen Pol Drs. Ronny F Sompie, SH, MH dilaksanakan selama 5 hari mulai dari hari senin tanggal 23 s/d 27 Februari 2015, di Hotel Grand Zuri, Palembang Jl. Rajawali no.8 Palembang.

Pelatihan diikuti tidak kurang dari 37 orang, terdiri atas 33 anggota Polri dari Polda Sumatera Selatan, 2 anggota Polri dari Divisi Humas Polri Jakarta dan 2 orang dari Makin Group.

Pelatihan ini ditujukan bagi para petugas Humas untuk lebih mengenal ilmu jurnalistik, tidak hanya teori namun juga langsung praktek.

AIPTU Awal Muharam dari Polres Ogan Komering Ilir salah satu peserta menyatakan bahwa dirinya mengikuti pelatihan ini untuk menambah pengetahuan dan ilmu tentang dunia jurnalistik, serta juga ingin mendalami cara membuat berita secara akurat dan berimbang.



Peserta lainnya, yakni Brigadir Yulius dari Polres Ogan Komering Ulu Timur  menyatakan dengan pelatihan ini dirinya ingin bisa pula membuat berita secara cepat, juga menambah pengalaman di bidang jurnalistik dan menggali secara mendalam mulai dari hal terkecil sampai membuat pemberitaan secara lengkap dan komprehensif.


Salah satu nara sumber yakni Wilson Lalengke, Ketua Umum PPWI menyatakan bahwa  barang siapa yang mampu menerapkan ilmu mengolah informasi maka dirinya bisa menguasai seluk-beluk penggunaan media. “Barang siapa yang menguasai informasi maka dia menguasai dunia” ungkap Wilson Lalengke.

Nara sumber dari PPWI yang juga dosen jurnalistik yakni Mung Pujanarko menyatakan bahwa sebenarnya untuk membuat berita yang diperlukan hanyalah konsentrasi dan kemauan. Dalam ilmu jurnalistik yang penting adalah bagaimana kita menyajikan fakta dan data.

Diklat diakhiri dengan acara penutupan ditandai pelepasan tanda peserta, perwakilan peserta dari Bid Humas Polda Sumsel Kompol Soeryadani.S, SH Kaur Pensat Subbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel sedangkan perwakilan dari Makin Group adalah Firmansyah Chief Ass CD pada Makin Group.

Sebagai bukti telah dilaksanakan pendidikan dan latihan kepada masing masing peserta telah diberikan Serifikat Penghargaan dan Tanda Anggota sebagai Anggota Persatuan Pewarta Warga Indonesia.

Diharapkan kedepan alumni peserta diklat jurnalisme dapat mengaplikasikan ilmu selama mengikuti diklat sehingga mampu membuat dan mengisi berita di media*(aliudin)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar